Beranda > KEAMANAN KOMPUTER > Definisi Istilah, Enigma & Steganography

Definisi Istilah, Enigma & Steganography

Istilah-istilah dalam keamanan Komputer

  • Plaintext merupakan data atau pesan asli yang ingin dikirim kapada penerima.
  • Ciphertext merupakan Bentuk pesan yang tersandi, Cipherteks harus dapat ditransformasikan kembali menjadi plainteks semula agar pesan yang diterima bisa dibaca.
  • Cryptography ilmu yang mempelajari bagaimana membuat suatu pesan yang dikirim oleh pengirim,dapat tersampaikan dengan aman pada penerima dengan cara menyamarkannya dalam bentuk sandi yang tidak mempunyai makna. Keutamaan dari kriptografi adalah menjaga kerahasiaan pesan daripenyadap dan kriptanalis.
  • Cryptanalysis merupakan  ilmu dalam membuka ciphertext dengan memanfaatkan kelemahan yang ada pada kriptosistem tersebut berdasar Kriptologi.
  • Cryptology merupakan lmu matematika yang melatarbelakangi ilmu kriptografi dan ilmu kriptanalisis
  • Encryption merupakan proses untuk mengubah plainteks (data asli) menjadi chiperteks (pesan yang tersandi)
  • Decryption merupakan proses untuk mengubah chiperteks (pesan yang tersandi) menjadi plainteks (data atau pesan asli)
  • Protection adalah pengelolaah sumber daya agar digunakan tanpa terjadi benturan atau perebutan terhadap sumberdaya tersebut. Benturan atau perebutan sumberdaya ini harus bisa diselesaikan oleh sistem operasi yaitu dengan sistem proteksi yang mengacu kepada mekanisme pengontrolan akses yang dilakukan oleh program, prosesor, atau pengguna ke sistem sumberdaya.
  • Security (keamanan) adalah serangkaian langkah – langkah untuk menjamin privasi, integritas dan ketersediaan sumber daya seperti obyek, database, server, proses, saluran, dan lain – lain yang melibatkan perlindungan benda dan mengamankan proses dan saluran komunikasi
  • Threat Ancaman. Ancaman terhadap sistem yang dapapat menyebabkan komputer hang,crash, dll meliputi:
    1. kerahasiaan (secrecy),
    2. integritas(integrity),
    3. ketersediaan(availability).
  • Attach usaha untuk melakukan kriptoanalisis
  • Spoofing adalah Penyerang, Penyerang berusaha meyakinkan pihak-pihak lain bahwa tak ada salah dengan komunikasi yang dilakukan, padahal komunikasi itu dilakukan dengan sang penyerang. misalnya Diman => bisa menyamar menjadi Adi. Semua orang dibuat percaya bahwa Diman adalah Adi.
  • Poisoning merupakan sebuah cara untuk menembus pertahanan dengan cara menyampaikan informasi IP Address yang salah mengenai sebuah host, dengan tujuan untuk mengalihkan lalu lintas paket data dari tujuan yang sebenarnya. Cara ini banyak dipakai untuk menyerang situs-situs e-commerce dan banking yang saat ini bisa dilakukan dengan cara online dengan pengamanan Token. Teknik ini dapat membuat sebuah server palsu tampil identik dengan dengan server online banking yang asli.
  • Masquerading
  • Intruder Intruder Detection System (IDS) adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mendeteksi adanya intruder (penerobos) pada sistem kita. Menurut cara beroperasinya, IDS dapat dikategorikan menjadi dua jenis: host-based IDS dan network-based IDS. Agar efektif biasanya kedua jenis IDS tersebut digunakan secara bersama-sama.
  • Hacker adalah sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang memberikan sumbangan bermanfaat untuk dunia jaringan dan sistem operasi, membuat program bantuan untuk dunia jaringan dan komputer.Hacker juga bisa di kategorikan perkerjaan yang dilakukan untuk mencari kelemahan suatu system dan memberikan ide atau pendapat yang bisa memperbaiki kelemahan system yang di temukannya.
  • Cracker adalah sebutan untuk orang yang mencari kelemahan system dan memasukinya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari system yang di masuki seperti: pencurian data, penghapusan, dan banyak yang lainnya.

Apa dan bagaimana cara keja enigma?

Enigma adalah sebuah mesin enkripsi yang hanya menggunakan substitusi,  namun karena dilakukan dalam sebuah rangkaian dan dengan bermacam-macam cara setiap substitusi dilakukan, maka enkripsi yang dihasilkan sangatlah bagus, bahkan sampe pihak Jerman waktu itu meyakini bahwa kode tersebut tidak mungkin dipecahkan oleh siapapun. Dan akhirnya kode tersebut dapat dipecahkan, walaupun dengan memakan waktu yang sangat lama dan usaha yang luar biasa. Jadi dapat disimpulkan bahwa semua teknik enkripsi dapat dikuak, dan kode hasil enkripsi tentu saja dapat dipecahkan. Tidak ada kode enkripsi yang tidak dapat dipecahkan.

Gambar 1. Gambar Mesin Enigma

Cara Kerja Enigma

Enkripsi yang dilakukan enigma sebenarnya adalah substitusi, di mana sebuah huruf digantikan dengan tepat sebuah huruf juga, hanya saja substitusi dilakukan beberapa kali. Dan walau hanya dengan substitusi, sebuah pesan akan sulit sekali didekripsi jika tidak dengan alat yang sama, dengan pengaturan posisiyang sama, tipe substitusi yang sama, dan kode kunci yang sama. Dan semua substitusi tersebut dilakukan dengan wiring (sambungan listrik melal ui kawat).

Gambar 2. Gamabar Wiring drai mesin Enigma

Arti dari wiring tersebut adalah jika misal A pada left rotor terhubung dengan D pada middle rotor, maka jika A pada left rotor teraliri listrik, maka D pada middle rotor akan teraliri listrik juga.

Sedangkan secara sederhana cara kerja dari mekanisme wiring tersebut adalah wiring tersebut menunjukkan subsitusi dari tombol yang ditekan, yang dilakukan dengan cara memasang lampu. Jadi misal sesuai contoh di atas jika tombol / saklar A ditekan, maka lampu D akan menyala. Kemudian hal tersebut dilakukan ulang namun dengan mengganti rotor yang sedang digunakan.

Kemudian dilakukan pergeseran pada rotor setiap kali ada tombol yang ditekan. Begitu seterusnya selama pesan diketik. Dan dengan adanya reflector jalannya arus dapat dibalikkan dari right rotor ke left rotor, yang efeknya adalah kemungkinan yang meningkat 26 kali dari substitusi huruf. Relector ini menyebabkan Enigma tidak perlu mengubah state jika sedang ingin mengenkripsi sebuah pesan ataukah ingin mendekripsikannya.

Namun Reflector ini menyebabkan kelemahan pada mesin Enigma ini, di mana terjadi resiprok, di mana jika misal huruf M dienkripsikan menjadi T, maka huruf T akan dienkripsikan menjadi huruf M pada rotor yang sama, dan sebuah huruf tidak akan mungkin bisa dienkripsi menjadi dirinya sendiri.

Gambar 3. Gambar Skema Cara kerja Enigma

Sedangkan rotor untuk enigma ada beberapa, walaupun yang dapat dipakai dalah satu waktu pada satu enigma adalah 3 buarh saja, yang diberi nama L (left), M (middle), dan R (right). Sedangkan jenis-jenis rotor yang ada diberi nama rotor I, rotor II, rotor III, dan seterusnya. Di bawah ini adalah beberapa jenis rotor yang pernah digunakan oleh enigma

Rotor ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ

I EKMFLGDQVZNTOWYHXUSPAIBRCJ

II AJDKSIRUXBLHWTMCQGZNPYFVOE

III BDFHJLCPRTXVZNYEIWGAKMUSQO

IV ESOVPZJAYQUIRHXLNFTGKDCMWB

V VZBRGITYUPSDNHLXAWMJQOFECK

VI JPGVOUMFYQBENHZRDKASXLICTW

VII NZJHGRCXMYSWBOUFAIVLPEKQDT

VIII FKQHTLXOCBJSPDZRAMEWNIUYGV

Pada setiap rotor tersebut dikenal adanya istilah Turnover, yaitu posisi di mana sebuah rotor mulai bergerak menggeser rotor di sampingnya. Rotor R akan selalu bergerak 1 huruf setiap kali tombol ditekan., dan jika turnover dari rotor R tersebut adalah S, maka rotor R tersebut akan menggeser rotor M sejauh 1 huruf jika sudah mencapai posisi turnovernya (posisi di huruf S). Setiap jenis rotor mempunyai turnover masingmasing. Adapun peran besar juga disumbangkan oleh plugboard. Plugboard sendiri adalah sebuah papan yang mengganti arus dari huruf awal ke huruf yang diinginkan dengan cara meneruskan arus tersebut dengan kabel.

Apa Steganography?

Steganography merupakan seni dan sains penulisan pesan tersembunyi, menggunakan suatu cara sehingga pesan terlihat biasa saja namun sebenarnya mengandung pesan khusus yang diketahui hanya oleh pengirim dan tujuan tertentu.

Contoh Steganography dari katat  “U HURT ME”  seprti di bawah ini:

Untuk lokasi bahari harus keperluan tempat komando mengecam departemennya.

Cara membaca isi pesan di atas:

  • Untuk kata pertama diambil huruf pertama, kata kedua diambil huruf kedua, dst..
  • Hueruf “o” menandakan spasi

Kuasa rombongan ahli nujum tradisonal Atena korban amarah pemimpinnya.

Cara membaca isi pesan di atas:

  • Untuk semua kata hanya diambil huruf keduanya saja.
  • Hueruf “o” menandakan spasi

Umumnya calo harus tahu rahasia membuat orang diam emosi.

Cara membaca isi pesan:

  • Untuk kata pertama diambil huruf awalnya, kata kedua diambil huruf terakhir, kata ketiga kembali diambil huruf awalnya, kata keempat diambil huruf terakhir dan seterusnya.
  • Hueruf “o” menandakan spasi

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: