Beranda > Topik Husus WEb Engineering > Masalah Pada Hypertext :

Masalah Pada Hypertext :

Hypertext adalah antar muka pengguna (user-interface) untuk menampilkan dokumen yang berisi referensi yang terhubung otomatis ke dokumen lainnya yang disebut Hypelink. Hypertext pertama kali disusun hampir 50 tahun yang lalu oleh Vannevar Bus artikelnya, As We May Think in the July 1945 issue of The Atlantic Monthly.

Non-linear : hypertext yang tidak memiliki script dalam satu urutan tetap, baik temporal ataupun spasial. Hypertext merupakan metode penyimpanan informasi dalam format non-linear yang memungkinkan akses atau browsing secara non-linear atau random. Dokumen dan aplikasi terdapat secara lokal atau dari mana pun dia berada dengan bantuan jaringan komputer seperti internet. Implementasi paling terkenal dari hypertext adalah World Wide Web.

Disorientation: Situasi dimana pengguna hilang punca atau arah  dalam aplikasi non-linear dan menjadi tidak pasti di lokasi atau dimana sekarang berada dalam aplikasi.

Cara mengatasi:

Hadkan bilangan pautan (links)

Gunakan penunjuk lokasi visual, peta global atau tempatan dan sebagainya

Adakan fungsi-fungsi seperti kembali ke ‘home’ atau skrin utama dan automatic backtracking

Cognitive Overload merupakan beban yang berlebihan pada Hypertext. Terlalu banyaknya pilihan link untuk user yang merupakn beban berlebih yang ditunjukkan hypertext sehingga akan mempersulit user untuk mau mengikuti link yang mana, akhirnya menimbulkan ketidak sukaan user dalam menggunakan aplikasi web.

cognitive overload: Masalah yang selalu dikaitkan dengan penggunaan hypertext yang timbul apabila pengguna dipersembahkan dengan terlalu banyak bilangan pilihan atau links dalam sesuatu halaman, akibatnya pengguna jadi keliru link mana yang harus diikuti dan mungkin akan membawa kepada rasa kurang senang untuk meneruskan aplikasi.dapat dikurangi dengan:

Sediakan glossary bagi istilah-istilah yang teknikal

Gunakan pop-up untuk glossary, fungsi help, dll

Kurangkan bilangan hypertext dalam sesuatu nod


  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: