Beranda > KKN > laporan KKN

laporan KKN

  1. I. JUDUL

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENDIDIKAN DI DESA PANGEREMAN KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN SAMPANG

  1. II. PENDAHULUAN

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat guna memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan, dan teknologi sesuai dengan yang didapatkan di bangku kuliah. Ilmu yang didapatkan mahasiswa dibangku kuliah sangatlah jauh berbeda, jika dibandingkan dengan permasalahan maupun realita yang ada dalam kehidupan di masyarakat. Kuliah Kerja Nyata merupakan sarana awal bagi masyarakat untuk mampu menganalisis segala permasalahan yang dihadapi di masyarakat dan mencari solusi terbaik dari adanya permasalahan-permasalahan yang muncul tersebut.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk perwujudan dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bagaimana mahasiswa bisa berperan dan  mempunyai inisiatif yang berguna bagi masyarakat.

Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tersebut, mahasiswa berperan sebagai fasilitator, motivator, dan mediator serta diharapkan berperan aktif dalam pembinaan masyarakat di desa sesuai dengan keberadaan secara umum desa yang berhubungan dengan potensi dan permasalahan yang ada. Sedangkan masyarakat adalah sebagai pelaksana dan pengembangan potensi desa serta diharapkan pula sebagai potensi sumber daya masyarkat.

Desa Pangereman adalah salah satu desa yang terletak di kecamatan  Ketapang, Kabupaten Sampang. Desa Pangereman berada di ujung timur Kecamatan Ketapang yang berbatasan dengan Kecamatan Sokobanah. Lebih jelasnya dapat dilihat sebagai berikut:

  1. 1. Potensi Desa

Desa Pangereman memiliki potensi dalam bidang pertanian dan Peternakan. Hasil pertanian yang paling banyak adalah jagung dan kacang tanah, sedangkan hasil peternakan yang ada adalah sapi. Akan tetapi hasil pertaniannya hanya dipanen untuk dikonsumsi sendiri tanpa adanya pengolahan lebih lanjut agar bisa menjadi barang konsumsi yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi.

  1. 2. Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan sekitar merupakan daerah minim akan penduduk hal ini dapat terlihat dari rumah warga yang jaraknya berjauhan antar warga. Selain itu, karena jarak rumah antar warga cukup jauh ditambah dengan kondisi jalan yang kurang baik menyebabkan masyarakat enggan melakukan monitoring dimana salah satunya adalah kegiatan sekolah.

  1. 3. Keadaan Sumber Daya Manusia (SDM)

Pada daerah Pangereman pendidkan yang berlaku di masyarakat adalah pendidikan agama.  Masyarakat Pangereman beranggapan bahwa pendidikan agama adalah yang paling penting dibandingkan pendidikan formal yang ditempuh dalam waktu Sembilan tahun. Masyarakat Pangereman tidak semuanya buta aksara dan tidak menempuh dunia pendidikan tetapi ada juga yang bersekolah sampai tingkat menegah atas bahkan sarjana. Namun itu terjadi pada sebagian masyarakat saja yang secara ekonomi mampu. Adapun yang berada pada daerah yang dalam sangat kurang untuk masalah pendidikan.

Disamping itu juga keterbatasan sarana pendidikan yang pada akhirnya menjadi penyebab rendahnya tingkat pendidikan bagi warga sehingga menjadi penghambat untuk kemajuan desa tersebut.

 

  1. III. RUMUSAN MASALAH

Dalam kegiatan KKN ini, permasalahan yang kami angkat adalah Bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat Desa Pangereman Kecamatan Ketapang melalui program pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan.

 

  1. IV. PELAKSANAAN KEGIATAN

Program Wajib

  1. 1. Ramah Tamah

r  Tujuan

Menjalin keakraban dengan masyarakat dan meninventarisir permasalahan-permasalahan dalam masyarakat.

r  Hasil atau dampak yang ditimbulkan

Lebih mengenal masrayakat desa Pengereman terutama aparat desa dan tokoh agama desa Pangereman.

r  Hambatan/kendala

Waktu dan Hujan

r  Penyelesaian atas hamabatan/kendala

Untuk masalah waktu, kami menyesuaikan dengan warga atau sesuai kesepakatan bersama.

  1. 2. Pengajaran Masyarakat Buta Aksara
  • Tujuan

Masyarakat diharapkan bisa memahami baca-tulis latin.

  • Hasil atau dampak yang ditimbulkan

Masyarakat/warga belajar sudah ada yang bisa membaca dan menulis huruf latin.

  • Hambatan/kendala

Waktu, hujan, dan mati lampu

  • Penyelesaian atas hamabatan/kendala

Untuk masalah waktu, kami menyesuaikan dengan warga atau sesuai kesepakatan bersama.

  1. 3. Penyuluhan Pembuatan Puding Jagung
  • Tujuan

Pemanfaatan potensi alam yang ada di lokasi KKN

  • Hasil atau dampak yang ditimbulkan

Masyarakat/warga sekitar bisa mengerti cara pembuatan puding jagung sehingga hasil bumi mereka yang berupa jagung tidak hanya dimanfaatkan untuk makan sehari-hari saja tetapi bisa dibuat makanan yang berbeda yaitu puding jagung sebagai pengganti agar-agar.

  • Hambatan/kendala

Tempat dan jumlah peserta karena dilaksanakan pada siang hari maka jumlah pesertanya tidak terlalu banyak.

  • Penyelesaian atas hamabatan/kendala

Karena tidak ada tempat atau balai yang bisa dijadikan tempat berkumpul warga sehingga untuk masalah tempat kami melaksanakan program ini disalah satu rumah warga dan untuk pesertanya kami juga mengundang siswa-siswi.

  1. 4. Membantu Bidang Pendidikan (Mengajar)
  • Tujuan

Membantu mengajar di bidang pendidikan

  • Hambatan/kendala

Tempat, penerimaan materi, dan literatur/modul pengajaran.

  • Penyelesaian atas hamabatan/kendala

Untuk masalah literatur/modul mengajar, kami mendownload buku – buku sekolah elektronik.

  1. 5. Pelatihan Komputer
  • Tujuan

Memberikan bekal dalam hal pengoperasian Komputer untuk meningkat kualitas aparat desa

  • Hasil atau dampak yang ditimbulkan

Tenaga pengajar sudah bisa mengoperasikan komputer terutama pengoperasian program microsoft office word dan excel

r  Hambatan/kendala

Pengumpulan aparat desa dan jumlah komputer.

  • Penyelesaian atas hamabatan/kendala

Sebenarnya sasaran program ini adalah aparat desa, tetapi karena kami kesulitan mengumpulkan aparat desa maka kami mengganti sasaran program menjadi tenaga pengajar/guru.

  1. 6. Penyuluhan Kesehatan
  • Tujuan

Meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya pencegahan DB.

  • Hasil atau dampak yang ditimbulkan

Masyarakat lebih mengerti akan pentingnya menjaga kebersihan terutama kebersihan air yang mereka pakai untuk mandi dan masak sehari-hari.

  • Hambatan/kendala

Banyak warga yang tidak hadir karena waktu penyuluhannya dilaksanakan pada siang hari.

  • Penyelesaian atas hamabatan/kendala

Karena warga yang hadir tidak terlalu banyak maka penyuluhan ini juga kami laksanakan di sekolah-sekolah.

  1. 7. Pembuatan Papan Penunjuk Desa
  • Tujuan

Untuk melengkapi kelengkapan desa.

  • Hasil atau dampak yang ditimbulkan

Papan penunujuk kepala desa dan pengecatan gapura desa Pangereman.

  • Hambatan/kendala

Tidak adanya perlengkapan untuk membuat papan.

  • Penyelesaian atas hamabatan/kendala

Meminjaman peralatan ke warga sekitar.

  1. 8. Penutupan / Malam Inagurasi
  • Tujuan

Menciptakan suasana kekeluargaan, serta pemberian kenang-kenangan untuk kepala desa dan tuan rumah dan perpisahan KKN.

  • Hasil atau dampak yang ditimbulkan

Lebih kuat rasa kekeluargaan dengan warga desa.

 

 

Program Fungsional

Yaitu program tambahan yang akan dilakukan untuk menjawab berbagai persoalan yang ada di desa Pangereman, antara lain;

  1. Pengajaran berhitung untuk siswa sekolah dasar, menengah pertama dan menengah atas yang dilaksanakan pada malam hari.
  2. Pengajaran Bhs. Inggris untuk siswa sekolah menengah pertama yang dilaksanakan pada malam hari.
  3. Pengajaran komputer untuk siswa sekolah menengah pertama dan menengah atas yang dilaksanakan pada siang hari.
  4. Lomba cerdas cermat yang dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2010.

 

  1. V. PELAKSANAAN KEGIATAN
No Nama Program Pelaksanaan
Tgl Jam Lokasi
1 Ramah Tamah 19 Jan 2010 18.30 Rumah Kepala Desa
2 Pengajaran Masyarakat Desa 20 Jan – 10 Feb 2010 20.00- 22.00 Rumah Kepala Desa
3 Penyuluhan Pembuatan Puding Jagung 29 Januari 2010 09.00 Rumah Kepala Desa
4 Membantu Bidang Pendidikan (Mengajar) 25 Jan – 11 Feb 2010 08.00 SD/MI dan SMP/MTs. Pangereman
5 Pelatihan Komputer 12 – 16 Februari 2010 08.00 Rumah Kepala Desa
6 Penyuluhan Kesehatan 17 Februari 2010 09.00 Rumah Kepala Desa
7 Pembuatan Papan Penunjuk Desa 12 – 17 Februari 2010 14.00 Rumah Kepala Desa
8 Penutupan 15 Feb 2010 20.00 Rumah Kepala Desa

 

  1. VI. ORGANISASI PELAKSANA

Pelindung : Rektor Universitas Trunojoyo

Pembina : Pembantu Rektor 1

Penanggung Jawab : Ketua LPPM

Ir. Muhammad Fakhry, MP.

D P L : Yoga Dwiya Pramudita, S. Kom

Kepala Desa : Bonisan

Koordinator Desa : Andi Mohtar

Sekretaris : Henny Waryanti

Bendahara : Nanie Dartin

 

SEKSI-SEKSI

– Sie Kesektariatan      : Yulia Syoraida

Hangga Yudha Mandala P

– Sie Konsumsi            : Yesy Prasetiya

Fauzaddin F

– Sie Perlengkapan      : Moh. Indra K

– Sie Humas                 : Denny Fajar K

– Sie Pubdekdok         : Jansen Anderson H.

Kategori:KKN Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: